kaporit untuk kolam renang

Perbandingan Water Treatment Klorin Dan Non Klorin Pada Kolam Renang Menurut Jasa Pembersihan Kolam Renang Terbaik Palembang

  • by

Apakah bisa kolam renang terbebas dari pemakaian obat-obatan dan bahan kimia seperti klorin? Beberapa klien kami ketika memakai jasa kami sriwijaya pool, jasa pembersihan kolam renang terbaik di palembang. banyak menanyakan hal tersebut kepada kami. Jawaban kami yakni, salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk meminimalkan penggunaan bahan kimia seperti klorin yakni dengan mengganti bahan tersebut dengan bahan yang lain yang tentunya memiliki fungsi yang sama sebagai penangkal pertumbuhan bakteri maupun disinfektan yang lain dikolam renang.

Karna populernya klorin di indonesia bahan penggantinya atau alternatifnya seringkali dikelompokkan menjadi non-klorin (bukan klorin). Karna masih banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa klorin berbahaya bagi kesehatan, penyebab iritasi pada mata, penyebab kulit gatal-gatal, penyebab bau di air kolam renang dan lain sebagainya. Padahal klorin bukan sebab utama dari permasalahan tersebut. Asalkan anda menggunakan dosis klorin yang tepat untuk kolam renang anda dan tidak berlebihan.

Lebih Baik Mana Menggunakan Chlorine Atau Non Chlorine untuk water treatment ? Jawaban dari kami yakni “tergantung kolam renang anda masing-masing “ untuk penggunaan klorin atau non klorin ketika melakukan water treatment  pada kolam renang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun pada dasarnya tetap sama untuk water treatment  ini mempunyai prinsip yang sama yakni sebagai pengoksidasi atau oksidator untuk menghilangkan bakteri / disinfektan / kontaminan organik hanya dalam beberapa menit saja.

Non Chlorine Water treatment

Water treatment  tanpa memakai klorin sudah banyak tersedia dalam berbagai macam produk dipasaran. Umumnya produk untuk water treatment  non chlorine mengandung oksigen dan garam potasium. Dinamai juga dengan shock MPS yang merupakan kependekan dari monopersulfate. Dan produk non chlorine shock ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yakni :

Kelebihan non chlorin water treatment

  • Cepat larut dan bereaksi, tidak berbau dan tidak ada sisa
  • Mengoksidasi kontaminan organik untuk memurnikan air kolam
  • Ph cenderung seimbang tidak mempengaruhi PH air
  • Mampu mengurai chloramine dan amonia
  • Tidak perlu anda larutkan saat pengaplikasian langsung dan dapat langsung ditabur ke kolam renang
  • Tidak mempengaruhi kadar kalsium atau CYA dikolam renang

Kekurangan non chlorine water treatment

  • Harganya agak sedikit lebih mahal dari chlorine untuk melakukan water treatment
  • Tidak terlalu efektif untuk pengendalian alga atau ganggang
  • Tidak terlalu efektif untuk pengendalian bakteri

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Menggunakan Non Chlorine Water Treatment

  • Menghilangkan chloramine : non chlorine water treatment akan efektif dan efisien untuk menguraikan combined chlorin atau chloramine, menghilangkan bau pada klorin, tidak menyebabkan iritasi dan membuat mata merah.
  • Membasmi kontamin organik : untuk non chlorine water treatment ini juga efektif untuk perawatan harian dalam membasmi kontaminan organik seperti yang dibawa oleh kotoran, debu, daun-daun, serangga, hewan, termasuk minyak dan kulit mati dari perenang. Sehingga akan membantu kerja chlorine dikolam renang serta cukup meringankan kerja filter sehingga proses sanitasi dan filtrasi akan berjalan lebih efisien.

 

Chlorine Water Treatment

Penggunaan chlorine untuk water treatment hadir dengan 3 variasi yakni cal hypo, lithium hypo, dan dichlor cal hypo, atau calcium hypochlorite menjadi senyawa yang paling sering digunakan untuk water treatment. Karna harga klorin yang murah dan tersedia dua kategori yang biasa dan super Lithium Hypo yang tidak mengandung kalsium dan lebih cepat larut didalam air dibanding variasi sebelumnya.

Untuk produk chlorine dalam water treatment ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yakni :

Kelebihan chlorine water treatment

  • Cepat larut, Cepat bereaksi dan aktif bekerja dalam air
  • Mengoksidasi kontaminan organik
  • Mengurai chloramine dan amonia
  • Membunuh ganggang dan bakteri yang ada dikolam renang

Kekurangan chlorine water treatment

  • Dalam water treatment dianjurkan anda untuk melarutkan klorin jenis butiran terlebih dahulu untuk melindungi permukaan kolam renang
  • Perlu adanya proses menunggu dan penonaktifan kolam renang (tidak boleh digunakan dulu) setidaknya 12-24 jam setelah water treatment tergantung kondisi
  • Meningkatkan kadar klorin diair cukup drastis jika tidak ada kontrol yang tepat dapat pula merusak permukaan dinding kolam renang
  • Meningkatkan tingkat PH air kecuali untuk tipe dichlor
  • Umumnya memiliki resiko cukup tinggi saat disimpan dan digunakan serta memiliki bau yang cukup kuat. Sehingga diharuskan memakai perlengkapan keamanan saat berinteraksi dengan bahan kimia ini
  • Seringkali terlihat sisa-sisa klorin yang tidak terlarut baik dan terlihat butiran-butiran kecil diair kolam renang sehingga air terlihat berawan / keruh.

 

Kapan Chlorine Water Treatment  Baik Untuk Digunakan???

 

Klorin baik digunakan untuk membasmi bakteri dan ganggang pada kolam renang

  • Pembasmian ganggang / Alga

Chlorine Water Treatment sangat efektif untuk membasmi ganggang / alga termasuk dalam kondisi alga sudah parah sekalipun. Untuk non chlorine water treatment masih tetap efektif membasmi alga yang masih dini / belum parah. Namun kurang efektif untuk membasmi alga yang sudah terlanjur berkembang dan banyak. Seperti, saat terjadi pertumbuhan ganggang hijau yang menyebabkan warna air dikolam renang anda terlihat hijau. Non chlorine water treatment tidak mampu untuk menangani permasalahan ini secara signifikan.

  • Pembasmian Bakteri

Penggunaan klorin terutama yang bertipe butiran-butiran akan membunuh bakteri dengan menembusnya jauh hingga kedalam membran sel kontaminan. Penggunaan chlorin untuk water treatment dikolam renang anda dapat secara cepat membasmi bakteri dikolam renang anda.

 

Jadi Mana Yang Lebih Baik Water Treatment Dengan Klorin Atau Non Klorin

 

Water treatment non chlorine memang memiliki banyak keuntungan yang dapat digunakan untuk bahan perawatan pada kolam renang anda. Kolam renang anda akan terhindar dari kenaikan kadar klorin yang drastis. Dan akan dpat lebih cepat digunakan dibanding harus menggunakan chlorine yang harus menunggu 12-24 jam.

Namun jika terjadi permasalahan pada kolam renang anda yang diakibatkan karna adanya alga / ganggang hijau atau bakteri sebaiknya anda menggunakan water treatment chlorine karna lebih efektif dalam pembasmian kedua kontaminan tersebut.

Penggunaan chlorine untuk perawatan harian juga tidak salah hanya saja anda perlu ketelitian lebih dalam mengatur kembali keseimbangan air dikolam renang anda. Selain itu anda juga harus memperhatikan takaran chlorine yang tepat untuk kolam renang anda.

 

Anda mempunyai masalah dengan kolam renang anda, anda ingin merenovasi kolam renang anda atau anda akan membuat kolam renang pribadi anda sendiri atau anda sedang  mencari kontraktor kolam renang yang professional, terbaik dan berpengalaman lebih dari 17 tahun di palembang silahkan anda dapat menghubungi kami melalui nomer  081312349998

atau silahkan anda klik gambar whatsapp dibawah ini untuk langsung terhubung dengan kami di whatsapp kami selalu memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan pada klien kami.