Cara Pembuatan Kolam Renang Dan Perawatannya Dengan Benar

Saat cuaca panas memang paling seru bermain air di kolam renang untuk mendinginkan suhu tubuh. Walaupun dapat memanfaatkan kolam renang umum adalah cara termudah dan termurah, namun kolam renang yang ada pada rumah tetap terbaik dalam hal kenyamanan dan kepraktisan.

Apabila kamu tergolong orang yang hobi berenang dan memiliki lahan lebih di halaman rumah  mu, membuat kolam renang rumah sendiri akan jauh lebih efisien dan mudah. Kamu bisa langsung berenang saat itu juga.

Jangan khawatir akan biaya pembuatan kolam renang rumah. Kami sudah mengumpulkan panduan cara membuat kolam renang rumah yang benar sehingga bisa hemat biaya.

Langkah untuk membuat kolam renang dengan benar, sebagai berikut :

  1. Tentukan ukuran kolam renang

Pada ukuran kolam renang rumah anda akan sangat menentukan besarnya biaya pembuatan dan sisa lahan rumah untuk kebutuhan lain nantinya. Jika dipertimbangkan dari jumlah penggunaanya, ukuran yang ideal kolam renang adalah 5 meter persegi untuk empat orang. Kalau dilihat dari ukuran lahan yang tersedia, biasanya desain kolam renang rumahan yang dibuat dalam ukuran 3 x 7 meter untuk lahan dengan luas 4 x 8 meter, menyisakan satu meter pada ujung kolam yang digunakan untuk pijakan. Jika kamu ingin membuat kolam renang yang lebih besar dan luas maka gunakanlah rasio 2:1 untuk menentukan ukuran kolam.

  1. Tentukan kedalaman kolam renang

Apakah anda juga memiliki anak kecil yang akan menggunakan kolam renang pada rumah anda? Jika iya, maka kedalaman kolam renang yang tepat untuk kondisi tersebut adalah 0,5 sampai dengan 1 meter. Sedangkan untuk kolam orang dewasa, maka buatlah kolam dengan kedalaman 1,4 sampai dengan 2 meter. Apabila kamu ingin menggabungkan kedua kedalaman tersebut, buatlah tanjakan atau ramp pada kolam renang untuk memisahkannya.

  1. Memilih sistem sirkulasi air kolam renang

Saat berenang ke dalam kolam renang rumah, jumlah air akan berkurang karena adanya tumpahan keluar. maka akan sangat merepotkan kalau kamu harus mengisi ulang air kolam setiap saat untuk mendapatkan ketinggian air yang pas. Oleh karena itu, maka anda sangat perlu menggunakan sistem sirkulasi pada air kolam renang rumah. Air yang keluar dari kolam dapat disalurkan kembali ke dalam kolam renang anda. Kebersihannya juga akan terjaga karena di dalam sirkulasinya memiliki filter air. Terdapat dua sistem sirkulasi air kolam, yaitu skimmer serta  overflow. pada sistem skimmer ini  memang cocok untuk kolam renang rumah indoor ataupun berukuran kecil, yang mana dinding kolam dibuat lebih tinggi dari permukaan air agar jumlahnya tidak berkurang banyak. Kamu tidak perlu menyiapkan bak penampung air atau balancing tank, karena cukup skimmer box yang ditempatkan pada dinding kolam untuk menyerap kotoran. Untuk sistem overflow cara kerjanya dengan cara menampung air yang tumpah ke dalam gutter atau got kolam renang, saluran air di sekeliling kolam renang rumah. Air di dalam bak penampung ini akan disaring, kemudian dilepas kembali ke dalam kolam renang.Dari segi kebersihan kolam renang rumah, sistem overflow lebih unggul. Tapi untuk urusan hemat biaya, pada sistem skimmer ini memang lebih hemat karena tidak membutuhkan banyak peralatan.

  1. Pilih pelipis internal kolam renang

Dibandingkan dengan pelapis dinding dan lantai kolam renang lainnya, keramik dinilai paling efisien dan hemat untuk kolam renang rumah. Harga barang, biaya pemasangan, dan perawatannya cukup murah. Tampilannya cantik dan kuat terhadap air. Hanya saja, anda perlu sangat berhati-hati apabila ada nat yang rusak karena dpat membahayakan pengguna kolam. Setelah memahami panduan tadi, silahkan menentukan desain kolam renang rumah yang ingin diterapkan. Pastikan kamu sudah memperhitungkan dengan seksama agar tidak perlu memodifikasi dan memikirkan biaya renovasinya lagi.

Jika anda ingin membuat kolam renang anda sendiri dalam jarak dekat ini silahkan anda memakai jasa kami. Sebelum anda membuat kolam renang anda nantinya akan ada kunjungan dari team kami ketempat anda yang tentunya kami akan memberikan saran dan masukan terkait  pembangunan kolam renang kedepannya. Kami juga akan memberikan anda saran dan masukan untuk anda sebagai calon pemilik kolam renang.

Saran dan masukan dari tim kami juga tidak akan lepas dari pemilihan material, nilai-nilai estetika tata letak dan nantinya juga akan disesuaikan dengan desain rumah anda.

Setelah team kami melakukan kunjungan kerumah anda, kami juga akan memberikan pilihan apa saja desain kolam renang anda secara gratis sebagai bahan referensi untuk anda kedepannya. Dan eksekusi pekerjaan kolam renang anda akan dilakukan sesuai dengan kesepakan.

Jika anda mempunyai kolam renang seiring dengan berjalannya waktu tentunya dalam pengoperasional  kolam renang anda nantinya sudah menjadi yang lumrah jika fungsi kolam renang anda  tersebut  kedepannya mengalami penurunan.

Selain menangani jasa pembuatan kolam renang anda kami juga melayani jasa yang lainnya yang tentunya terkait dengan kolam renang anda seperti :

  1. Renovasi konstruksi / kebocoran kolam
  2. Renovasi Penggantian keramik / mosaik
  3. Renovasi plumbing / pemipaan
  4. Renovasi perubahan desain total

Tentunya dengan harga yang murah dan ramah dikantong tanpa mengurangi kualitas pekerjaan. Kami menjunjung tinggi kepuasan setiap pelanggan kami. Dengan anda menggunakan jasa kami, Anda tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah ketika membutuhkan  peralatan dan aksesoris untuk kolam renang anda. Kami menyediakan semua  peralatan dan kebutuhan akan aksesoris kolam renang.

Berikut Peralatan / Aksesoris untuk treatment kolam renang yang kami jual diantaranya yaitu :

  1. Vacuum head
  2. Vacuum house
  3. Telescopic handle /stik
  4. Pull Brush / Sikat kolam renang
  5. Life Skimmer / serokan
  6. Test kit

Spare Part Atau Pompa Kolam Renang Diantaranya yaitu :

  1. Mekanik seal
  2. Bearing
  3. Dinamo
  4. Kipas pendingin
  5. Impeller
  6. Saringan

Aksesoris Filter untuk kolam renang anda diantaranya yakni :

  1. Sand filter
  2. Folding Umbrella / lateral
  3. MPV (Multy Port Valve)
  4. Pressure filter

Cara merawat kolam renang dengan benar ini termasuk salah satu pertanyaan paling banyak saya jumpai sebagai kontraktor kolam renang sehingga kami membuat artikel ini supaya pemilik kolam renang atau teknisi kolam renang juga mengetahui tentang bagaimana memperlakukan air kolam renang yang baik. Sehingga untuk anda yang ingin menghemat biaya untuk  tenaga jasa perawatan kolam renang bisa memakai cara perawatan kolam dibawah ini.

Jika anda tidak ingin repot untuk merawat kolam renang anda pakailah jasa kami Sriwijaya Pool untuk membuat dan merawat kolam renang, anda bisa menguhubungi nomer 0813 1414 0404 atau (021) 22784764 bisa juga datangi ke alamat Jl. Ampera Raya No. 17G, Jakarta Timur.