MENGENAL JENIS KOLAM RENANG

MENGENAL JENIS KOLAM RENANG

Kolam renang adalah pilihan terbaik untuk melepas penat karena bekerja full 1 minggu atau 1 hari, tak jarang banyak orang menghabis waktu libur atau senggangnya di kolam renan, baik itu berenang, berjemur dan sebagainya.mempunyai kolam renang pribadi adalah impian semua orang dikarenakan kita tbisa menikmati waktu berenang hanya dengan keluarga, selain faktor yang disebutkan di atas kita juga tidak usah menunggu jika kolam renang umum penuh di sisi lain kenyamanan pun juga berpengaruh. Karena di kolam renang pribadi jauh lebih nyaman karna hanya bisa di gunakan oleh kita dan keluarga kita.

Jadi bagimana? Anda tertarik untuk membangun kolam renang pribadi? Kenali dulu jenis kolam renang yang mungkin belum anda tahu.

  1. Lokasi Kolam Renang

Kolam renang bisa di bedakan menjadi dua menurut lokasi nya yaitu out door dan indoor. Kolam renang outdoor adalah kolam tipe renang yang letaknya berada di luar rumah, sedangkan indoor adalah tipe kolam renang yang letaknya berada di dalam ruangan atau di dalam rumah.

  • Permukaan kolam renang

Permukaan kolam renang dibagi menjadi 4 yaitu kolam gali,kolam atas, kolam lereng, dan kolam high rise.

  • Fungsi kolam renang

Secara umum fungsi kolam renang dibagi menjadi 4 yaitu kolam renang pribadi, kolam renang umum, dan kolam renang perlombaan kolam renang spa

Kolam renang pribadi adalah kolam renang yang memang dibuat untuk pribadi atau keluarga tersebut, sedangkan kolam renang umum adalah kolam renang yang di pakai oleh banyak orang. Biasanya kolam renang umum ini disewakan dimana bagi yang ingin menggunakan kolam renang tersebut harus membayar sejumlah uang. Lalu yang ketiga ada kolam renang kompetisi, kolam renang ini digunakan untuk perlombaan renang entah itu ditingkat nasiona,internasional dan bahkan amatir guna mencari seorang pemenang.

Kolam renang spa biasanya di lengkapi air panas, fungsi dari kolam ini biasanya digunakan untuk memijat dan berendam.

  • Tipe kolam renang

Kolam renang terdapat beberapa tipe, dan memang kolam renang dibedakan melalui tipenya antara lain adalah :

  • Compettion pool adalah kolam renang yang dibuat dengan standar internasional maupun nasional, kolam ini biasanya difungsikan untuk sebuah perlombaan
  • Exercise Pool kolam ini dibuat lebih kecil dari kolam renang pada umumnya, fungsi dari kolam renang ini biasanya digunakan untuk latihan. Terdapat alat penggerak untuk menimbulkan arus di kolam ini.
  • Public pool atau kolam renang umum, kolam ini dibuat untuk tujuan untuk komersial, biasanya kolam ini terdapat di tempat wisata atau hotel. Seperti namanya kolam ini memang digunakan untuk umum atau banyak orang.
  • Private Pool atau kolam renang pribadi, sesuai namanya kolam ini hanya digunakan untuk keluarga atau pemilik rumah tersebut. Tentu saja ukuran kolam ini dibuat lebih keil daripada public pool. Ini dikarenakan pemakai kolam ini tak sebanyak dengan public pool
  • Play Pool, kolam renang yang satu ini di fungsikan untuk anak-anak, karena difungsikan untuk anak-anak tentu saja air yang ada di kolam ini mempunyai ketinggian yang rendah. Untuk design nya biasanya kolam ini dibuat mencolok untuk menggambarkan ekspresi anak-anak.
  • Geometris, kolam ini mempunyai tujuan menampilkan kesan formal dari pemiliknya. Kolam ini biasanya terdapat di sekolah-sekolah dan di tempat kompetisi renang, sebagiaan besar sekeliling di kolam ini dihiasi menggunakan aksesoris.
  • Free from, sesuai dengan namanya bentuk dari kolam ini tidak di tentukan.  Salah satu tujuan dari membuat kolam ini adalah untuk menimbulkan kesan dekat dengan alam
  • Overflow, jenis kolam ini merupakan yang paling banyak di gunakan. Kolam ini dibangun dengan mengacu pada air yang di design unik meluap melebihi batas ketinggian kolam, tipe kolam ini juga banyak di gemari karena memang dilengkapi dengan sirkulasi air yang bagus, sehingga tak membuat dek kolam licin ataupun banjir.
  • Material kolam renang

Berdasarkan materialnya kolam renang dibedakan menjadi 2 yaitu kolam beton,kolam fiberglass dan kolam vinyl

Kolam beton adalah kolam yang terbuat dari coran beton dan dengan finishing keramik atau batu alam.

  • Jumlah kolam

Kolam renang juga bisa dibedakan dari jumlah kolam renang yang dibuat yaitu : kolam tunggal, kolam tunggal bersekat, dan kolam grup.

Kolam tunggal adalah kolam yang hanya dengan 1 kedalaman misalnya kolam untuk anak-anak dan kolam kompetisi. Sedangkan kolam tunggal bersekat adalah kolam tunggal dengan perbedaan kedalaman. Dan yang terakhir adalah kolam grup dimana kolam yang terdiri dari banyak kolam.

  • Air kolam renang

Kolam renang juga memiliki berbagai maca air antara lain : natural/alami, kolam air panas, kolam air laut, dan kolam khusus.

Kolam natural adalah kolam berair tenang yang mengikuti suhu lingkunganmdan kolam air panas adalah kolam yang airnya terisi atau terdiri dari air panas. Untuk kolam air laut adalah kolam yang berisi air garam, dan kolam khusus (special effect).

  • Penggantian air

Kolam renang pun bisa dibedakan berdasarkan sistem penggantian air fill and draw pool adalah kolam yang airnya harus dikosongkan sebeum diganti airnya, sedangkan flo through pool, adalah kolam yang airnya harus berganti karena terus-menerus, dan recirculating pool, adalah kolam yang mempertahankan kebersihan airnya dengan cara mengalirkan melalui sejumlah mesin dan filter.

  • Efek tepian

Kolam renang juga bisa di bedakan dari efek tepian nya, tentu hal ini karena kreatifitas para perancangnya yang berbeda-beda sehingga tak heran jika kolam renang di bedakan sesuai dengan efek tepiannya. Kolam yang dibedakan dengan efek tepian antara lain adalah kolam berpantai atau beach pool dan infinity pool. Kolam berpantai atau beach pool adalah kolam yang salah satu sisinya di buat seperti permukaan  pantai dan terkadang di lengkapi dengan pasir, sedangkan infinity pool adalah kolam yang airnya mengalir yang dibuat untuk menciptakan kesan kolam tanpa batas.

  1. Style kolam renang

Sebenarnya untuk style kolam renang tidak ada batasannya dan dibuat sesuai style arsitektur rumah atau bahkan sesuai keinginan sang pemilik rumah. Tetapi ada beberapa style yang populer digunakan oleh banyak orang seperti contohnya style natural pool, style minimalist pool, dan roman/grecian pool. Natural pool adalah kolam yang bergaya alamiah menyerupai danau di tengah hutan, dan style minimalist adalah kolam yang bayak digunakan untuk sekarang karena bentuk stylenya yang bagus yatu kolam ini bergaya modern dan simpel, sedangkan romeo/grecian pool adalah kolam yang bergaya romawi atau yunani.
Jika memang masih ada lahan sisa tak ada salahnya untuk membuat kolam renang pribadi. Karena selain sebagai pelengkap rumah kolam renang juga bisa jadi tempat yang menarik untuk anak-anak ketika berlibur dibanding harus merogoh kocek yang mahal untuk berlibur ketempat wisata maupun keluar kota.

Sriwijaya Pool Palembang melayani anda dengan cepat dan tanggap segera hubungi kami di wa 0811-7327-131 telpon (0711) 573 6697 dan untuk lokasi alamat kami di Jl. Manunggal I No.3A RT.37 RW.13 Kel. 30 Ilir Kec. Ilir Barat 2 Kota Palembang – Sumatera Selatan , 30121