Lompat ke konten
manfaat berendam di kolam

Manfaat Berendam Di Kolam Air Hangat Untuk Kesehatan

Mungkin berendam di kolam air hangat terdengar sepele, tetapi manfaat berendam di kolam air hangat pada kenyataannya sangat menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa negara kebiasaan berendam di dalam kolam air hangat bahkan menjadikan peluang usaha mengingat tingginya minat pasar.

Berendam di dalam kolam air hangat juga dapat membantu kita mengurangi rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Sehingga baik untuk para orang tua lakukan dan dapat kita percaya menjadi terapi pada masalah persendian dan otot.

Tidak hanya kesehatan pada tubuh, berendam di kolam air hangat juga dapat berdampak pada kesehatan mental. Bahkan berendam dengan menggunakan kolam air hangat dapat kita rekomendasikan untuk Anda lakukan dengan rentang waktu tertentu secara berkala. Hal ini bertujuan agar menciptakan ketenangan atau dapat melepas lelah sehingga metabolisema tubuh akan meningkat.

Dalam satu kegiatan berendam Anda tidak hanya mendapatkan manfaat berupa kebersihan. Pada artikel ini saya akan membagikan beberapa manfaat berendam di dalam kolam air hangat.

Apa manfaat berendam di dalam kolam air hangat?

Banyak manfaat yang kita ambil jika kita berendam di kolam renang air hangat. Manfaat berendam di kolam air hangat tersebut antara lain sebagai berikut.

Manfaat berendam dapat meningkatkan kesehatan jantung

Melakukan kegiatan berendam dengan menggunakan kolam air hangat tentunya akan dapat menurunkan tekanan darah. Hal seperti ini tentunya akan berdampak baik padaa kesehatan jantung. Selain itu juga, mandi di air yang panas juga dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mendorong bertambahnya kecepatan detak jantung seperti saat sedang berolahraga.

Terjadinya pelebaran pembuluh darah ini tentunya akan membantu Anda untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Dengan lancarnya sirkulasi darah akan dapat mencegah risiko penyakit terutama pada penyakit jantung.

Relaksasi otot dan menciptakan tidur yang berkualitas

Saat Anda berendam di dalam kolam air hangat, hal yang pertama yang akan dapat terasa ialah dapat mengurangi ketegangan pada otot. Sehingga dapat membantu memberikan ketenangan pada seluruh badan dan tentunya dapat menciptakan tidur yang berkualitas.
Berendam di dalam kolam renang dengan air yang panas dapat dipercaya bisa membuat tubuh lebih rileks dan dapat menghilangkan beban pikiran. Hal tersebut tentunya dapat membantu Anda untuk bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Kolam air hangat juga bisa berguna untuk mengurangi nyeri pada sendi.

Bisa mengurangi kadar gula dalam darah

Pada sebagian orang yang menderita penyakit diabetes, merendamkan badan pada air yang hangat bisa membantu Anda mengurangi kadar gula dalam darah dan bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini karena suhu yang panas dapat membantu mengelola gula dalam darah agar berada pada kadar yang normal.

Mengurangi stress

Banyaknya kegiatan dan beban pikiran yang kita lakukan bisa memicu datangnya stress. Berendam di dalam kolam air hangat bisa membantu anda mengurangi hal tersebut. Apabila berendam dengan waktu durasi yang tepat, maka otot pada tubuh akan meregang dan dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks.

Ketika tubuh sudah menerima tanda tersebut, maka otak juga akan memproduksi hormon oksitosin dan akan memberikan perintah untuk sejenak beristirahat pada tubuh.
Sebagian peneliti telah mengatakan berendam di dalam kolam renang air hangat bisa membantu mengelola emosi pada seseorang yang terkena depresi. Hal ini karena dengan adanya penurunan hormon stress serta keseimbangan pada kadar serotonin, yang bisa membantu untuk mengatur pikiran dan perasaan seseorang.

Membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan racun

Efek ketenangan yang bisa tercipta air hangat tidak hanya dapat berdampak pada organ tubuh manusia saja. Namun juga pada luka dan rasa sakit. Merendam luka dengan menggunakan air hangat serta garam bisa membantu menyembuhkan luka. Serta meredakan rasa sakit pada bagian di sekitar luka.

Hal ini bisa kita lakukan pada luka yang terkena air, hal seperti ini tentunya tidak berlaku pada jenis luka yang tidak dokter sarankan untuk terkena air. Selain itu juga, berendam di dalam kolam air hangat dengan batas waktu yang telah sesuai bisa membantu menghilangkan racun melalui pori-pori yang terbuka dan keringat dari hasil suhu yang panas.

Dan pastikan juga untuk tidak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia berlebih saat berendam. Hal tersebut akan menghambat proses penyembuhan luka dan keluarnya racun dari tubuh.

Itulah beberapa manfaat berendam di dalam kolam air hangat, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin merasakan manfaat saat berendam di dalam kolam renang air hangat. Jika Anda yang berlokasi di Palembang dan memiliki keinginan untuk membangun kolam renang air hangat, maka Anda bisa menghubungi kami Sriwijaya Pool. Kami merupakan kontraktor kolam renang yang berlokasi di Palembang yang sudah profesional dan pengalaman. Segera konsultasikan permasalahan Anda pada kami dan dapatkan penawaran yang menarik dari kami.

Contact Person : 085710073300

WhatsApp us

Exit mobile version