Sriwijaya Pool

Cara Pasang Pompa Filter Palembang

Memiliki kolam renang di rumah merupakan idaman bagi setiap orang. Karena kolam renang merupakan bagian fasilitas rumah yang berguna untuk olahraga dan relaksasi diri. Selain melakukan perawatan pada kolam renang kita pun harus memperhatikan peralatan kolam renang salah satunya pompa dan filter kolam renang.

Pemasangan pompa dan filter kolam renang, dapat Anda lakukan sendiri dirumah. Cukup dengan membaca caranya sebagai berikut, Jika ingin lebih baik lagi pada instalasi pompa dan filter kolam renang Anda bisa menggunakan jasa kontraktor kolam renang Sriwijaya Pool yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Selain itu, Anda tidak perlu membaca informasi cara memasang pompa dan filter kolam renang di tempat lain lagi. Karena informasi di website ini sudah sangat lengkap dan bisa segera Anda praktekkan.

Cara Pemasangan Pompa Kolam Renang

Cara pemasangan pompa kolam renang tersebut, berikut informasinya:

  1. Pertama sebelum memulai praktek, pastikan permukaan pipa yang akan di lem dalam keadaan bersih dan kering. Karena jika kondisi pipa dalam keadaan basah, lem tidak dapat menempel dan tentu saja mudah mengelupas.
  2. Kedua, kerik permukaan pipa dan fitting yang akan di lem terlebih dahulu dengan kepala gergaji. Lalu diamplas dengan amplas yang teksturnya kasar agar lemnya dapat menyatu  dan merekat dengan bahan pipa. Sehingga pengeleman bisa menjadi lebih  kuat dan akan sulit untuk dilepaskan dan tentunya sambungan pada pipa menjadi tidak mudah bocor.
  3. Oleskan lem pada pipa yang akan di lem dan pastikan lem dengan jumlah yang banyak agar tidak terlalu tipis. Sehingga permukaannya menjadi lebih licin dan tentu saja mengurangi resiko pada kebocoran.
  4. Pada saat menyatukan permukaan pipa dan fitting yang telah di olesi oleh lem, gunakan alat penarik seperti katrol. Agar pipa masuk ke dalam fitting dengan baik dan   berfungsi secara maksimal. Setelah itu, tahan dulu beberapa menit agar tidak membalik. Namun untuk pipa yang berdiameter 3 inch ke bawah tidak perlu memakai alat penarik/ katrol , cukup dengan menekan dengan tangan saja.
  5. Lakukan secara berurutan cara diatas sampai pipa dapat disambungkan ke dalam pompa kolam renang.

Cara Pemasangan Filter Kolam Renang

Bagaimana cara pemasangan filter kolam renang yang baik dan benar? Pada dasarnya cara instalasi filter kolam renang pastinya sudah tertera pada setiap produk filter tersebut. Berikut kami akan menunjukkan cara instalasi filter kolam renang sebagai berikut :

  1. Siapkan pasir khusus yang dapat digunakan sebagai filter air kolam renang. Beberapa produk filter biasanya sudah ada yang satu paket dengan pasirnya agar biaya lebih hemat. Ada baiknya Anda juga harus paham untuk mengetahui tipe pasir tersebut. Hal tersebut dilakukan agar saat waktunya pergantian pasir saat fungsi sand filter sudah tidak optimal Anda tidak bingung mencari bahan penggantinya.
  2. Saat pemasangan filter hal yang dilakukan adalah Anda perlu memasang dan menghubungkannya ke mesin pompa kolam renang. Air kolam renang akan masuk melalui daya hisap dari pompa lalu air ini akan didorong ke dalam filter dari filter dengan manfaat dari daya dorong pompa kolam air akan disaring melalui media filter dan pasir lah yang berperan memfilternya kemudian diarahkan kembali ke kolam renang.
  3. Letak pemasangan filter pada kolam renang dianjurkan tidak lebih dari 72 inch dari permukaan dasar kolam renang. Setelah itu letakkan filter secara berdampingan dengan pompa kolam dan letakkan pada satu ruangan yang sama dengan pompa sehingga daya tekan pompa akan maksimal masuk ke filter dan akan memudahkan akses perawatan alat kolam renang.
  4. Sebelum menghubungkan filter dengan sistem sirkulasi lainnya, Anda dapat merakit filter kolam renang terlebih dahulu. Instruksi perakitan filter biasanya sudah tertera pada produk filter yang Anda beli. Anda dapat menyesuaikan sesuai dengan petunjuknya. Setelah sudah di rakit pastikan drain cap sudah tertutup dengan rapat.
  5. Setelah itu Anda dapat mengisi tabung pada filter dengan air pada percobaan ini cukup memasukkan air setengah dari tabung. Hal ini dapat membantu pemadatan pasir saat dituang ke dalam tabung sehingga dengan padatnya pasir pada filter akan meminimalkan jarak antar butir pasir yang Anda gunakan sebagai filter.
  6. Berikutnya pasanglah pipa bagian dalam tabung . Pastikan bagian pipa yang kecil dapat diposisikan menekuk ke atas hingga dapat masuk ke dalam tabung. Bagian pipa tersebut sangat tipis dan rapuh. Jadi harus berhati-hati dalam pemasangannya dan pastikan tidak ada kerusakan atau retak pada pipa. Lalu letakkan pipa dan aksesoris lain dari pipa ke dalam tangki.
  7. Setelah pipa masuk ke dalam tabung hati-hati dalam memposisikan pipa 90 derajat dari posisi pipa utama. Seanjutnya pastikan letak pipa berada di tengah tangki tersebut.
  8. Berilah pelindung bagian atas pipa dengan menggunakan kardus tebal dengan membentuk V terbalik atau seperti gunung. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi pipa dari tekanan pasir dari atas. Setelah itu pastikan juga pelindung pipa kuat untuk menghalau pasir yang akan dituang. Selanjutnya tuang pasir ke dalam tabung secara perlahan. Isi pasir sekitar 6 inch dari permukaan.
  9. Rakit tutup tabung sesuai dengan petunjuk pada produk. Lalu lepaskan penutup pipa utama yang terdapat dalam pipa utama yang ada pada tabung. Lalu pasang O-ring dengan menyesuaikan posisi tengah dari pipa dalam tabung yang berisi pasir. Pastikan terpasang dengan baik dan kencangkan skrup, baut, mur dll sebagai penguat penutup filter.
  10. Selanjutnya instalasi sambungan filter ke arah Pompa.
  11. Putar penyambung perantara antar pipa dengan menggunakan kunci inggris lalu putar 1/2 sampai 1. Buatlah penghubung perantara antara pipa pvc dengan ukuran pendek lalu di lem. Lalu pasangkan potongan pipa dengan penyambung yang terhubung ke O-ring.
  12. Kencangkan semua skrup dan baut pada filter dan pastikan telah maksimal. Lalu pasang pelindung karet pada bagian atas pompa dan kencangkan.
  13. Filter telah selesai dipasang dan siap untuk dioperasikan.

Bagi anda yang berada di  Palembang dan sekitarnya dan membutuhkan jasa instalasi kolam renang, anda jangan ragu untuk menghubungi costumer service kami di nomor 085710073300 atau anda dapat telfon kami dinomor 021- 2278 4764. Email ke sriwijayapool@gmail.com . Anda juga bisa kunjungi kantor kami di alamat di Jl Mayor Zen Lorong Harapan Jaya 1 Rt 19, Rw 08 No 94 C kecamatan Kalidoni, Kel Sei Selayur, Palembang, Sumatera Selatan 30119, Indonesia .