Tips Jitu Memilih Pompa Kolam Renang

Kolam renang bukan hanya sebuah kolam yang hanya diisi dengan air. Tetapi, kolam renang merupakan suatu sistem komplek yang terdiri dari beberapa komponen seperti sirkulasi, filterisasi, dan lain sebagainya. Sistem ini melibatkan banyak peralatan yang dikhususkan untuk kolam renang. Salah satunya adalam pompa air. Pompa ini berguna untuk mengalirkan air menuju ke filter untuk disaring dan dikeluarkan kembali dalam keadaan bersih. Dengan meningkatnya permintaan akan pompa, ketersediaan pompa di pasaranpun semakin beragam. Untuk itu, bagi anda yang bingung dalam memilihnya, berikut adalah tips memilih pompa kolam renang.

Tips Memilih Pompa Kolam Renang yang Sesuai

Di Pasaran, banyak sekali ditawarkan macam-macam pompa kolam renang dengan berbagai jenis dan ukuran. Masing-masing product menawarkan karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi, tidak semua produk pompa tersebut akan cocok dengan kolam renang yang kita miliki. Dan untuk memilihnya, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan. Untuk itu, berikut kami uraikan beberapa tips memilih pompa kolam renang agar sesuai dengan spesifikasi kolam yang anda miliki.

Pilihlah Pompa Kolam Renang Berdasarkan Ukuran Kolam

Dalam memilih pompa kolam renang, usahakan pompa yang dipilih sesuai dengan ukuran kolam renang. Caranya adalah dengan mengetahui kapasitas aliran dalam sirkulasi kolam. Pertama, hitunglah volume air dalam kolam. Menghitung volume air kolam dengan dapat dilakukan dengan rumus panjang kolam x lebar kolam x kedalaman kolam (untuk kolam yang berbentuk persegi panjang). Maka anda akan mendapatkan volume air kolam yang sebenarnya. Jika sudah mengetahui volume air, maka sesuaikan jenis dan kapasitas pompa yang tepat untuk volume air tersebut. kapasitas pompa yang terlalu kecil untuk volum air yang besar akan menyebabkan pompa over heat dan tidak bekerja secara maksimal.

Sesuaikan Jenis Pompa dengan Ruangan yang Tersedia

Dalam memilih pompa kolam renang, halaman dekat kolam atau ruang sekeliling kolam yang tersisa juga menjadi pertimbangan. Kolam indoor biasanya memiliki ruangan yang terbatas, sehingga idealnya menggunakan pompa yang kecil. Tetapi, untuk kolam outdoor, anda bisa menggunakan pompa yang besar karena ruangan yang tersedia relatif lebih besar. Untuk itu, sebaiknya pada saat pemilihan pompa, anda juga mempertimbangkan ruangan yang tersedia. Sehingga pompa yang dipasang nanti akan sesuai dengan kolam renang yang anda miliki.

Pilihlah Pompa Berdasarkan Spesifikasi yang Dimiliki

Dalam memilih pompa kolam renang, jangan lupa pertimbangkan spesifikasi yang dimiliki oleh pompa tersebut, khususnya pada daya listrik yang dibutuhkan. Untuk kolam rumahan yang berukuran relatif kecil pilihlah pompa dengan daya redah. Biasanya jenis pompa ini memiliki daya yang relatif kecil, yaitu 750 watt. Dan juga, hindari penggunaan pompa kolam yang berdaya tinggi dan terlalu kuat karena bisa menghambat proses filtrasi sehingga proses penyaringan tidak maksimal. Selain itu, pompa yang terlalu kuat bisa menyebabkan kerusakan pada filter kolam renang dan pemanas yang kita miliki.

Pilihlah Ukuran Pompa yang Sesuai

Dalam memilih pompa kolam renang, anda juga harus mempertimbangkan ukurannya. Pompa yang digunakan harus sesuai ukuran. Ukuran yang terlalu kecil akan berakibat pada proses sirkulasi yang berjalan lambat sehingga kotoran kolam juga akan mengendap di dasar kolam. Selain itu, pompa ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyaring seluruh kotoran. Menggunaan pompa dalam waktu yang lama menyebabkan pompa akan memakan banyak daya listrik.

Akan tetapi, jika ukuran pompa terlalu besar, maka pompa bisa mengikis pipa. Bukan hanya mengikis saja, bahkan pompa ini bisa menyebabkan pipa pecah dan bisa merusak inlet fitting kolam renang. Lebih parahnya, pompa yang terlalu besar juga bisa merusak vacuum nose, instalasi lain, dan juga pompa itu sendiri.

Jika Anda mencari produk pompa kolam renang berkualitas, berbagai pompa ini bisa jadi jadi pilihan Anda

Pompa Ebara, Pompa Waterco, Pompa Astral, Pompa DAB

Updated: Januari 21, 2018 — 12:54 pm
Abadi Jaya Pool © 2018