Tips Jitu Atasi Kolam Renang Berlumut

Perlu diketahui bahwa memiliki kolam renang memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit dan memerlukan adanya jasa perawatan kolam renang yang berkesinambungan. Dalam memilih atau menggunakan jasa perawatan kolam renang sebaiknya anda menggunakan jasa yang benar-benar sudah ahlinya. Merawat kolam renang tidaklah cukup air bening saja, namun harus aman bagi kesehatan bila dipakai berenang pemiliknya.

Kita sering menemukan berbagai masalah mengenai air kolam renang, seperti kolam renang keruh, berkabut, tumbuh alga, berlumut dan bahkan tiba-tiba air kolam tersebut berubah menjadi hijau.

Hari ini saya akan mengulas masalah cara mengatasi air kolam renang yang berlumut. Sebelum menuju ke materi tersebut, alangkah baiknya jika kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.
Simak perlahan ya…

Penyabab Air Kolam Renang Berlumut / Berwarna Hijau

Kolam Renang BerlumutMengetahui penyebab kolam renang berlumut diawal sangat diperlukan. Kita bisa meminimalisir hal-hal yang bisa memicu kolam renang kita, agar tidak berubah warna menjadi hijau dan berlumut dengan cepat.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan air kolam renang berlumut, misalnya:

  • Disebabkan karena kadar chlorine yang terlalu rendah, ataupun tidak adanya kadar Ph .
  • Adanya kotoran daun ataupun debu yang mengendap lama di lantai kolam yang tidak tersentuh divacuum. Hal tersebut dapat memicu tumbuhnya lumut lebih cepat.
  • Pemberian chemical  dan perawatan yang tidak kontinyu juga sangat berpengaruh dengan tingkat kejernian air kolam renang. Hal tersebut juga akan mempercepat tumbuhnya alga atau lumut.

Itulah  beberapa faktor penyebab tumbuhnya alga atau lumut di dalam kolam renang.

3 Cara mengatasi Air Kolam Renang Berlumut / Berwarna Hijau

Berikut akan kami sampaikan bagaimana cara mengatasi lumut yang terdapat di dalam kolam renang.

Langkah pertama seperti halnya kita menyikapi permasalahan air kolam renang lainnya, pertama yang kita lakukan adalah cek kadar Chlorine dan Ph atau kesaman air. Hal tersebut menjadi kunci untuk menganalisa dan melakukan tindakan lanjuttan dari permasalahan air kolam renang tersebut. Setelah  mengetahui kadar Chlorinedan Ph baru kita bisa mengambil kesimpulan untuk menentukan kelangkah berikutnya.

Langkah kedua yaitu sikat lumut yang menempel di dinding dan lantai dengan menggunakan sikat kolam renang atau Pool Brush. Ini bertujuan agar lumut terlepas dari  permukaan keramik atau mozaik,  setelah nanti terkena chemical maka akan mati dan mengendap di lantai kolam renang. Sikatlah dengan teliti dan rata agar lumut semua terlepas dari permukaan keramik, sehingga akan medapatkan hasil yang maksimal.

Langkah ketiga berikan tambahan chemical pada kolam renang. Pertama yang dimasukan kedalam kolam renang yaitu chlorine, dalam hal ini bisa granular ataupun bubuk.

Jika menggunakan chlorine bubuk 1,5kg.

–  Aduk terlebih dahulu di dalam ember dengan air dan tunggu beberapa saat.

– Jika chlorine sudah mengendap di dalam ember tuangkan air endapannya kedalam kolam renang.

– Selanjutnya isi kembali ember dengan air, aduk  kembali, tunggu sampai chlorinemengendap dan tuangkan airnya kedalam kolam renang lagi.

– Ini dilakukan minimal tiga kali.

Sisa dari hasil endapan ataupun ampas bubuk yang di dalam ember jangan dimasukan ke dalam kolam renang agar tidak kotor.

Bilamana kita menggunakan granular satu kilogram.

– Taburkan ke dalam kolam renang secara merata agar cepat bereaksi keselurung air kolam renang.

– Setelah 15 menit, kemudian masukan chemical yang kedua yaitu soda as yang berfungsi menambah kadar Ph air kolam renang. Untuk chemical ini bisa langsung dituang ke dalam kolam renang.

– Dan selanjutnya tuangkan  trussi ke dalam ember yang berisi air, aduk-aduk sampai trussi larut di air, hasil larutan trussi tuangkan ke dalam kolam renang. Penambahan trussi  berfungsi untuk membunuh alga dan lumut, juga bisa menambah warna biru air kolam renang.

Untuk ukuran kolam renang dengan kubikasi air 60m³ gunakan trussi 0.5 kg.

– Setelah tiga chemical di masukan kedalam kolam renang, hidupkan sistem sirkulasi 12 jam agar chemical bercampur dengan air secara merata dan keseluruhan air kolam renang melewati sistem filterisai.

Sehingga akan kita dapatkan hasil pengobatan kolam renang yang berlumut dengan sempurna. Setelah alga atau lumut mati dan mengendap di lantai kolam renang, lakukan vacuum kolam renang keseluruhan . Setelah selesai, backwash sistem filterisasi agar filter bisa bekerja optimal lagi.
Demikian cara mengatasi kolam renang yang berlumut, dengan tiga langkah diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa untuk menangani permasalah air kolam yang berlumut terlebih dahulu pastikan kadar chlorine dan Ph atau keasaman air, kemudian masukan chemical yang dibutuhkan oleh air kolam renang tersebut. Lakukan vacuum bilamana lumut sudah mati dan mengendap di lantai kolam renang. Hidupkan sistem sirkulasinya.

Setelah air kolam renang sudah bening dan tidak berlumut sebaiknya kita pertahankan dan jaga kondisi itu.

Bagaimana cara menjaganya………?

Berikut ini perlu anda simak tentang cara Mempertahankan Air kolam renang agar selalu bening jernih dan tidak berlumut yaitu

  • Kita harus jaga agar chlorine dan ph selalu dalam kondisi ideal, untuk chlorine dikisaran 1,0 ppm sampai 1,5 ppm. Dan untuk Ph atau keasaman air dikisaran 7,2ppm sampai 7,6ppm.
  • Tambahkan trussi tiga minggu sekali 0,5kg dan lakukan vacuum kolam renang dalam satu minggu minimal dua kali. Hidupkan sirkulasi minimal enam jam perhari.

Demikian cara mengatasi permasalahan kolam renang berlumut. Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa menjadi tambahan referensi dan pengetahuan terkait dengan perawatan kolam renang.

Updated: Januari 22, 2018 — 10:10 am
Abadi Jaya Pool © 2018